rss

Selasa, 15 Juni 2010

blog tutorial

blog tutorial


Buat email Domain sendiri dengan Google Apps

Posted: 15 Jun 2010 12:13 AM PDT

Sebelumnya kang Rohman telah menulis bagaimana Cara Custom Domain di Blogger, serta cara Custom domain blogger dengan Subdomain. Dengan hanya bermodalkan nama domain saja yang harganya relatif murah ( sekitar 70rb-100rb setahun ), blog atau website anda akan sedikit tampil lebih profesional dibanding dengan hanya menggunakan subdomain blogspot.

Salah satu yang termasuk penting dalam berbisnis online adalah email, karena media yang banyak digunakan dalam hal berkomunikasi tiada lain adalah email. Untuk membuat email, mayoritas pengguna internet menggunakan layanan gratis dari yahoo ataupun gmail. Tidak ada yang salah apabila anda menggunakan layanan gratis dari penyedia email, namun apabila ingin lebih serius dengan bisnis online, sebaiknya gunakan alamat email dengan menggunakan nama domain milik anda sendiri, hal ini akan menambah tingkat kepercayaan terhadap bisnis yang anda kelola.

Apa saja yang dibutuhkan dalam membuat email dengan nama domain sendiri? jawabannya adalah cukup dengan memiliki nama domain saja, namun yang ada fasilitas free DNS nya agar anda tidak harus merogoh kocek lagi. Lalu, aplikasi apa yang bisa dipakai untuk membuat email? anda bisa menggunakan aplikasi gratis dari Google apps, dengan Google Apps anda akan mendapatkan aplikasi yang teknologinya sama dengan yang digunakan gmail, namun alamat emailnya menggunakan nama domain anda sendiri, misa seperti ini : Katakanlah kang Rohman mempunyai domain dengan nama berandaku.com, maka nanti email yang bisa dibuat akan menjadi, misal : guecuy@berandaku.com atau loecuy@berandaku.com atau yang lainnya.

Trus bagaimana caranya? caranya sangat mudah, anda hanya perlu mendaftarkan domain anda ke google apps dan melakukan sedikit pengaturan pada domain anda. Bingung? berikut langkah-langkahnya ( dengan asumsi anda telah memiliki nama domain sendiri ) :

 

Cara daftar Google Apps :

 

  1. Silahkan kunjungi alamat Google Apps di http://www.google.com/a/cpanel/domain/new
  2. Pilihlah Administrator: I own or control this domain, kemudian masukkan nama domain milik anda tanpa memakai http:// , contoh : berandaku.com , lalu klik tombol Get Started.

    daftar google apps

  3. Isilah formulir yang ada dengan data-data anda, jika telah lengkap, klik tombol Continue.
  4. Selanjutnya adalah membuat nama email utama domain anda dengan menisi form yang ada. Setelah selesai, klik tombol I accept. Contunue with set up.
  5. Tampil ucapan selamat "Welcome to Google Apps'", disini anda dapat memilih dua opsi untuk melakukan verifikasi yaitu Upload an HTML file atau Change CNAME record, karena dalam hal ini kita hanya memepunyai domain, maka yang dipilih adalah Change CNAME record. kemudian klik tombol Continue.

    change cname record

  6. Kita akan di berikan string unik untuk di buat pada CName domain kita, copy string tersebut untuk nanti di pasang di CName Record. Jangan klik tombol apapun karena selanjutnya kita akan melakukan setting pada domain.

    string unik

  7. Biarkan dahulu halaman tersebut, dan mari lakukan setting untuk domain.

Setting Domain untuk Google apps.

 

  1. Silahkan login ke kontrol panel domain anda.
  2. Sorot menu Domains kemudian pilih List All Orders.

    list all orders

  3. Klik pada domain yang ingin anda setting.

    domain

  4. Klik tab menu DNS, lalu klik tombol Manage DNS ( asumsi bahwa DNS anda telah aktive, yang masih bingung coba baca kembali posting tentang Cara Custom Domain di Blogger )

    set dns

  5. Klik tab menu CNAME Records,  lalu klik tombol Add CNAME Record

    cname records

  6. Isi Host Name dengan string unik yang diberikan, lalu isi Value dengan  google.com , untuk TTL biarkan saja. Akhiri dengan klik tombol Add Record.

    add-cname-records

  7. Setting domain telah selesai, kini anda balik lagi ke halaman google apps yang tadi. lalu klik tombol I've completed steps above.

    verified google apps

  8. Selesai.

Selamat, kini anda telah berhasil melakukan setting untuk google apps. Namun, akun tersebut biasanya tidak langsung aktif, biasanya paling lama memakan waktu sampai 24 jam.


0 komentar:


Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda

Related Posts with Thumbnails

Menu Blog Ini

Buka Semua | Tutup Semua

Dalam Proses, Mohon Tunggu
Sponsored By :Satpol Temanggung.

Info Satpol

Posting Gratis Di Sini


Nama
Email
Judul
Tentang
Kategori
Gambar
Isi
Image Verification
captcha
Please enter the text from the image:
[ Refresh Image ] [ What's This? ]

Powered byEMF Email Form

INSPIRASI

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service
 
" SILAHKAN KIRIM PESAN MAUPUN KOMENTAR ANDA, AKAN KAMI HARGAI TULISAN ANDA, TERIMA KASIH "

Ikuti beritaku

Kembali lagi ke atas